Targetkan Menjadi Pusat Peradaban Masyarakat Kota Bogor, UIKA Resmikan Lantai Dua Masjid Al Hijri II

Info Kampus

    • 350 Lihat

    Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor selenggarakan Peresmian Lantai Utama Masjid Al Hijri II yang berlokasi di Jl. KH. Sholeh Iskandar KM. 2 Bogor, pada Selasa sore (11/04/2023).

    Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si., selaku Rektor UIKA Bogor dalam sambutannya memberikan ucapan terimakasih kepada seluruh jamaah dan muwakif yang hadir pada acara peresmian tersebut. "Saya juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jamaah yang sudah menyalurkan bantuannya untuk kelancaran pembangunan masjid ini", ucapnya.

    Ia meyakinkan para jamaah bahwa pembangunan masjid akan terus dilakukan hingga selesai dengan target penyelesaian interior masjid seluruhnya akan selesai tahun 2023, sementara eksterior masjid menurutnya ditargetkan selesai seluruhnya tahun 2024.

    Kedepannya Pimpinan UIKA direncanakan akan berkantor di lantai empat masjid ini. "Saya harap masjid ini akan menjadi pusat peradaban dan pusat perubahan masyarakat yang dilakukan secara islami. Sehingga perubahan, pengembangan ilmu dan sebagainya karena pusatnya di masjid, insya Allah selalu terlaksana secara islami", tambahnya.

    Senada dengan Rektor, Dr. Bima Arya Sugiarto, S.Hum., M.A. selaku Walikota Bogor juga menyampaikan rasa syukur atas terselesaikannya lantai dua Masjid Al Hijri II ini sebagai sarana ibadah para jamaah.

    "Menjadikan masjid sebagai pusat peradaban adalah ikhtiar yang sangat mulia namun sungguh tidak mudah karena banyak keterbatasan, kendala penganggaran, perencanaan, kendala sumber daya manusia, dan sebagainya. Tetapi ikhtiar itu tidak boleh putus", jelasnya.

    Bima yakin bahwa masjid ini akan menjadi salah satu kebanggaan kota Bogor karena keutamaan masjid ini ialah menyatu dengan lembaga pendidikan. "Jadi kalau tujuan dibangunnya masjid ini untuk pusat peradaban sungguh akan sangat memungkinkan dan sangat mulia", sebut Bima.

    Selain ikut meresmikan lantai dua Masjid Al Hijri II, Wali Kota Bogor juga turut memberikan bantuan Pemerintah Kota Bogor senilai 250 juta rupiah untuk Universitas Ibn Khaldun Bogor.

    Dalam kegiatan tersebut, diserahkan juga secara simbolis sertifikat wakaf kepada para muwakif yang telah mendonasikan hartanya untuk pembangunan masjid.

    Usai peresmian, kegiatan diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, M.S. Dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama untuk semua jamaah yang hadir dalam kegiatan tersebut.

    Selain Dosen dan Karyawan UIKA, kegiatan ini dihadiri para pimpinan YPIKA, Pimpinan Fakultas, para ulama, para tokoh, serta para pewakaf yang sudah memberikan sebagian hartanya untuk pembangunan Masjid Al Hijri II ini. (Humas/MJ).