thumb

Health Promoting university (HPU) Universitas Ibn Khaldun Bogor Launching Rabu Bersih dan Sehat, yang diisi dengan beberapa agenda diantaranya Senam Pagi, Kerja Bakti, Pembuatan Lubang Biopori dan Penanaman Pohon. (18/11/2021).

Prof. Dr. Ir. Ikeu Tanziha, MS (Pembina HPU UIKA Bogor) yang turut hadir dalam kegiatan ini menyebutkan, Indonesia saat ini sedang menyepakati untuk mengembangakan Health Promoting University (HPU), yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan seluruh civitas akademika, banyak indikator yang dikembangkan di HPU ini diantaranya adalah aktivitas fisik, konsumsi gizi seimbang serta lingkungan yang sehat.

"Disini ada 3 hal itu yang di kembangkan di UIKA, salah satu aktivitas fisik adalah kegiatan senam yang sudah dilakukan, dan itu betul sekali Health Promoting University adalah suatu gerakan hidup sehat, oleh karena itu dengan adanya senam itu semua sudah melaksanakan aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran dan produktifitas".

Sementara itu Dr. Soni Trison, S Hut., M.Si. (Pakar kehutanan sosial IPB University), yang turut hadir pada program ini, menjelaskan Program Care and Green ini adalah upaya untuk mengoptimalkan Bentang lahan yang ada di kampus yang pertama dengan penanaman pohon yang sangat bermanfaat bagi lingkungan yang kedua pemanfaatan limbah baik itu limbah domestik di kampus dan juga serasah serasah dari pohon dan yang ke-tiga pemanfaatan lubang untuk mengurangi genanga air dikampus.

"ini penting kedepannnya saya kira program ini sangat baik untuk kita kembangkan sehingga pemberiaan edukasi yang dibangun oleh tim ini (HPU UIKA) perlu terus didorong demi menjaga GREEN nya kampus bermanfaat termasuk pemanfaatan lahan dibawah tegakan pohon, dengan tahan naungan tetapi memiliki nilai ekonomi dan estetika, sehingga kampus dapat menjadi contoh dalam rangka pemanfaatan lahan agroforesty" terangnya.

Rencananya program Rabu Bersih ini akan dijadikan salah satu program rutin setiap minggunya di hari rabu oleh tim HPU-UIKA dalam komitmennya menjaga lingkungan kampus yang bersih dan sehat.


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor