Terpilih Ber-KKN di Madinah, 2 Mahasiswa FAI Langsung Diajak Umroh Gratis Oleh Pihak Pesantren

Merdeka Belajar Kampus Merdeka

    • 133 Lihat

    Dua Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Muhammad HajanMakbula dan Muhammad Syahrul Ramadhan, membagikan pengalamannya selama menjalani KKN di Maahad Darul Azhar awal Hikmah, Madinah.

    Hajan menjelaskan selama menjalani KKN di Madinah, dia bersama Syahrul ditugaskan untuk membimbing santri dan menjaga santri.

    “Kami juga membuat program kerja terkait projek soal pembelajaran yang akan kami terapkan di sana. Mulai dari public speaking, kelas adab dan akhlak,” kata Hajan, Selasa (23/1/2024).

    Selain itu, keduanya juga dituntut untuk menyusun kegiatan-kegiatan positif guna mengisi waktu-waktu luang yang ada di sana.

    “Seperti kemarin kami membuat projek rihlah (study tour) berupa hiking ke Jabal Uhud yang mana ini merupakan kegiatan perdana yang diselenggarakan pondok,” paparnya.

    Tak berhenti sampai disitu, Hajan dan Syahrul juga ditugaskan pihak kampus UIKA untuk membuat artikel dan video yang menggambarkan kegiatan mereka selama KKN di Madinah.

    “Kami juga menyiapkan projek sosial bagi warga sekitar pondok pesantren tempat di mana kami melaksanakan KKN, seperti membersihkan fasilitas umum,” ujarnya.

    Beruntungnya tak lama Hajan dan Syahrul tiba di Maahad Darul Azhar awal Hikmah, Madinah, keduanya langsung di ajak berumroh oleh pihak pesantren sebagai tanda ucapan selamat datang. 

    “Alhamdulillah kemarin kami diajak berumroh oleh pihak Maahad, sebagai ucapan tanda selamat datang untuk kami berdua,” tutupnya. (Humas/Ne2)