Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, FIKES UIKA Selenggarakan LKP Tahun 2021

Merdeka Belajar Kampus Merdeka

    • 345 Lihat

    Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor melaksanakan Program Magang/Praktik kerja untuk memberikan pengalaman dan kompetensi kepada mahasiswa melalui pembelajaran secara langsung di tempat kerja, yang biasa disebut dengan Latihan Kerja Peminatan (LKP).

     

    Hal tersebut dipaparkan oleh Dekan FIKES UIKA Bogor, Fenti Dewi Pertiwi., S. Kep., Ners., M.K.M. Sekaligus sebagai salah satu pembimbing mahasiswa LKP, pada saat melakukan kegiatan pengantaran mahasiswa ke Puskesmas Mulyaharja Kota Bogor (Selasa, 30/03/2021).

     

    Dalam paparannya, Fenti menjelaskan untuk tahun ini kegiatan LKP akan berlangsung secara 2 periode yakni pada bulan Maret-April 2021 dan pada bulan Desember 2021-Januari 2022. Dimana pada periode pertama mahasiswa akan dibagi menjadi 19 kelompok, sedangkan untuk periode kedua mahasiswa akan dibagi menjadi 14 Kelompok. Dan seluruhnya akan disebar pada Puskesmas/Rumah Sakit/Institusi yang berada di sekitar Kota Bogor.

     

    Kegiatan LKP bertujuan agar mahasiswa memperoleh wawasan tentang ruang lingkup dan kemampuan praktik yang diperlukan oleh seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat serta agar mahasiswa mampu melihat dan melakukan sikap kerja yang professional sehingga nantinya akan memiliki keterampilan di bidang minatnya.

     

    Pada kegiatan LKP mahasiswa tidak dilepas begitu saja, melainkan dibimbing oleh masing-masing pembimbing yang berasal dari para dosen FIKES UIKA Bogor. Pembimbing berfungsi untuk mengarahkan mahasiswa dalam pelaksanaan LKP yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan.

     

    Selain itu, instansi yang menerima LKP pun diharapkan untuk menunjuk pembimbing lapangan sesuai bidang Kesehatan Masyarakat dengan Pendidikan akademis minimal S1. Agar nantinya pembimbing lapangan dapat langsung berkoordinasi dengan para pembimbing dari dosen FIKES UIKA Bogor, pungkasnya. (Humas/Jco)