thumb
  • AL
  • 0 Komentar
  • 508 Melihat
  • 0 Suka

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, melibatkan Disnaker Kota Bogor dan PT. Lumina Agro Madania dengan mengangkat tema "Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan Hidroponik". Rabu (14/9/2022) di Kp. Bojong Neros, Kel. Curug, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor.  

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 8-14 September 2022 oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Hanif Zaidan Sinaga, S.E., M.M.S.I, beranggotakan : Asti Marlina, S.E., M.M.S.I, Widhi Ariyo Bimo, S.E., M.M., Agung Wibowo, S.E., M.M., Anuraga Kusumah, S.E., M.M. dan Harun Faizal Lahalina, S.E., M.Ak serta dukungan Disnaker Kota Bogor dan PT. Lumina Agro Madania.

Ketua Tim Pengabdian Dosen FEB UIKA Bogor, Hanif Zaidan Sinaga, S.E., M.M.S.I menyampaikan, Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi para warga dalam berhidroponik. Sayuran dari pertanian dengan metode Hidroponik ini adalah sayuran sehat tanpa pestisida kimia dimana hidroponik ini dapat dilakukan di lahan terbatas, minim perawatan, dan juga dapat menjadi sumber penghasilan. Penghasilan dari hidroponik ini bukan hanya dari menjual sayur dan buah tapi juga dari menjual perlengkapan hidroponik, membuat instalasi dan green house, dan menjual produk turunan seperti makanan (salad, keripik sayur, rendang sayur, dll) dan minuman (juice, cold pressed juice).

Menurut Hanif, kesadaran masyarakat saat ini untuk mengkonsumsi sayuran sehat hidroponik semakin tinggi maka hidroponik ini menjadi salah satu peluang bisnis yang terbuka lebar. Melihat hal ini, maka peserta pelatihan dilatih, dibina, dan didampingi hingga panen agar dapat meraih peluang Bisnis ini dan dapat menjalankan Hidroponik dengan baik. Dalam menjalankan usaha hidroponik dengan skala bisnis, perlu adanya manajemen Bisnis yang baik pula. Nah, ilmu-ilmu manajemen bisnis ini disampaikan oleh rekan-rekan Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIKA.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti oleh 16 orang dari warga RW. 7 Kp. Bojong Neros, acara ini dihadiri juga oleh Lurah Curug dan Camat Bogor Barat. Ada 5 (lima) topik pelatihan yang disampaikan oleh Tim Pengabdian Masyarakat yaitu Hidroponik Skala Bisnis, Manajemen Keuangan, Akuntansi Keuangan, Branding Product dan Pemasaran Berbasis Digital.

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini akan dilanjutkan kembali tanggal 16-22 September 2022 pada Kelurahan Kayumanis Kec. Tanah Sareal Kota Bogor. (Humas/Al)


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor