thumb
  • Try
  • 0 Komentar
  • 372 Melihat
  • 0 Suka

Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Mesjid Al-Hijri 2, Kampus UIKA Bogor pada jum'at 07/10/2022.

Acara dibuka dengan lantunan ayat suci AL-Qur'an yang dibacakan oleh Mahasiswa beasiswa Pancakarsa, M. Hajan Makbula, Peringatan maulid nabi kali ini menghadirkan dua penceramah yaitu Ustadz, Dr. H. Hasan Basri Tanjung, MA dan Ustadz R. Muhajir Affandi, M.Pd.

Dalam sambutan, Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si selaku Rektor UIKA mengajak seluruh hadirin yang hadir pada pagi hari ini untuk terus mensyukuri nikmat Allah SWT dan menumbuhkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

"Semoga kita menjadi orang yang dipilih untuk meneruskan perjuangan Rosul SAW, akhir hayat kita wafat dalam keadaan muslim sebagai pengikut Nabi Muahammad SAW".

Pada kesempatan ini pula turut hadir dan menyampaikan sambutannya Ketua pengurus Yayasan Pendidikan Islam Ibn Khaldun (YPIKA), Dr. Didi Hilman S.H., M.H., M.Pd.I, beliau menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan tokoh revolusi kemanusiaan.
"Nabi Muhammad SAW dalam revolusi kemanusiaan mengubah wajah dunia yang menempatkan posisi perempuan menjadi posisi yang mulia" 

Dalam penuturan materinya, Ustadz sekaligus staf ahli rektor bidang kemahasiswaan dan dakwah, Ust. R. Muhajir, M.Pd. menyampaikan bahwa banyak hal yang bisa kita teladani dari akhlak Rasulullah menurut surat Ali Imran ayat 159 tentang akhlak mulia rasulullah diantaranya rasulullah lembut hatinya, tidak egois dan tidak keras kepala, pemaaf, memohon pengampunan untuk orang lain, suka bermusyawarah dan senantiasa bertawakal.

Paparaan materi selanjutnya yang disampaikan oleh Ustadz sekaligus dosen UIKA, Ust. Dr. Hasan Basri Tanjung, M.A beliau menyampaikan fase dalam mengimplementasikan akhlak Nabi Muhammad SAW menurutnya, melakukan suatu pembiasaan walau diawali dengan keterpaksaan yang diiringi dengan konsistensi maka akan membentuk keterbiasaan yang kemudian akan melekat menjadi karakter.


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor