UIKA Bogor lakukan Studi Banding ke Universitas Kuala Lumpur, Dalam Rangka Pembelajaran Digital dan AI untuk Pendidikan

Info Kampus

    • 10 Lihat

    Sebanyak 13 orang dosen dari Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor yang dipimpin oleh Prof. Dr. Maemunah Sa'diyah, M.Ag. selaku Wakil Rektor Bid. Akademik, melakukan kunjungan resmi ke Universitas Kuala Lumpur (UniKL), Malaysia pada tanggal 14 Agustus 2024.

    Prof. Maemunah menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan studi banding dan workshop terkait penerapan pembelajaran digital serta penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam dunia pendidikan tinggi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi para dosen UIKA dalam memanfaatkan teknologi modern untuk mendukung proses belajar-mengajar di era digital.

    "Kunjungan ini dibagi menjadi beberapa segmen, dimulai dengan kegiatan rihlah dan wisata edukasi, dilanjutkan dengan rangkaian workshop akademik di kampus UniKL. Para dosen UIKA diharapkan mendapatkan pemahaman mendalam mengenai bagaimana UniKL menerapkan LMS sebagai platform utama untuk pembelajaran daring." Jelasnya.

    Selain studi banding, para dosen UIKA juga berkesempatan mengikuti  workshop yang membahas penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam dunia pendidikan tinggi, dengan narasumber Prof. Dr. Megat Farez Azril Zuhairi dari Informatics & Analysis Section UniKL.

    Dalam presentasinya, Prof. Dr. Megat Farez menjelaskan berbagai macam penggunaan AI yang dapat diterapkan untuk mendukung proses pembelajaran.  

    Prof. Dr. Maemunah, selaku pimpinan rombongan, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak UniKL atas sambutan yang luar biasa serta ilmu yang telah dibagikan.

    "Kunjungan ini sangat berarti bagi kami, khususnya dalam memahami perkembangan teknologi terkini, terutama untuk implementasi pada pembelajaran digital maupun kecerdasan buatan. Kami berharap dapat mengimplementasikan banyak hal yang Telah kami pelajari di Universitas Ibn Khaldun Bogor," ujarnya.