UIKA Bogor, masuk 100 besar Perguruan Tinggi  dengan index Sains-tech tertinggi di Indonesia

Prestasi

    • 24 Okt 2018
    • 58 Lihat

    Alhamdulillah UIKA Bogor, masuk dalam 100 besar Perguruan Tinggi dan institusi  dengan index Sains dan Teknologi tertinggi di Indonesia. 

    Pemeringkatan ini termuat pada laman web sinta pada alamat  http://sinta2.ristekdikti.go.id, sebuah website Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang khusus didedikasikan untuk mengukur kinerja peneliti, institusi dan jurnal di Indonesia. 

    Sinta memberikan tolak ukur dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing lembaga untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, untuk menganalisis kecenderungan penelitian dan direktori ahli.

    Muhammad Dimyati – Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Ristek dikti dalam siaran pernya  menjelaskan Peringkat 100 besar ini merupakan pemeringkatan seluruh institusi baik negeri maupun swasta, yang dibiayai baik oleh negara maupun mandiri. Penilaian berupa banyaknya jumlah dokumen penelitian artikel dan non atikel di Scopus, jumlah sitasi dan H index di Google schollar dan Scopus. 

    Dimyati menambahkan. Setidaknya di pertengahan Oktober ini tercatat 4.574 lembaga dengan lebih dari 140. 000 peneliti/dosen 2.066 jurnal, 9.905 buku dan 1.445 kekayaan intelektual sudah di index oleh dikti, dan UIKA menempati peringkat ke 85 Perguruan tingkat nasional  sementara untuk peringkat Perguruan Tinggi Swasta nasional  UIKA menempati urutan 32 dari 4574 lembaga yang terdaftar.  

    Pemeringkatan Sinta ini diharapkan dapat memincu instansi dan perguruan tinggi, untuk mendokumentasikan penelitiannya dengan baik juga untuk memudahkan pendataan publikasi dan karya dari dosen, peneliti, institusi, dan jurnal di Indonesia sehinga kita bisa mengukur instansi mana saja yang index sains dan Teknologinya baik.


     

0 Comments

KOTAK KOMENTAR