UIKA Bogor Raih 6 Hibah Penelitian dan Pengabdian dari Program BIMA Kemdikbud Ristek Dikti 2024

Prestasi

    • 579 Lihat

    Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor mencatatkan prestasi gemilang dengan memperoleh pendanaan Penelitian dan Pengabdian dari BIMA Kemdikbud Ristek Dikti Tahun 2024.

    Pengumuman tersebut disampaikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbud Ristek melalui Surat Nomor 0667/E5/AL.04/2024 perihal Pengumuman Penerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2024.

    Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIKA Bogor, Prof. Dr. Hj. Immas Nurhayati S.E, M.S.M., menyampaikan apresiasi kepada para dosen yang mendapatkan hibah tersebut.

    Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika UIKA Bogor untuk terus meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

    "Alhamdulillah ada 5 dosen yang lolos dari berbagai skema. Jadi, total hibah yang lolos ada 6, yakni lima kategori penelitian dan satu kategori pengabdian," kata Prof. Immas.

    Prof. Immas juga memberikan tips dan strategi agar proposal yang diajukan berhasil lolos hibah, antara lain, pertama, taat asas dan dosen yang eligibilitas.

    "Taat asas ini taat pada ketentuan yang sudah ditetapkan pada buku panduan, ini juga harus dosen yang eligibilitas ada minimumnya seperti dosen S2 lektor. Jadi ada persyaratan lolosnya," paparnya.

    Kedua, linieritas bidang keilmuan dengan proposal yang diajukan. Jika tidak linier Prof. Immas menyebut proposal tidak akan lolos.

    Ketiga, para dosen juga harus memenuhi persyaratan administratif dan substantif sesuai dengan template yang sudah ditentukan.

    "Jika tips tersebut sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan, insyaAllah proposal akan lolos," ujarnya.

    Prof. Immas juga berharap dosen pengusul penelitian dan pengabdian dapat meningkat di setiap tahunnya. Pasalnya hal itu dapat mempengaruhi peningkatan posisi klasterisasi UIKA Bogor nantinya.

    "Hasil klasterisasi terbagi menjadi klaster mandiri, utama, madya, pratama, dan binaan (prakualifikasi). UIKA saat ini di posisi klaster Utama. Jika tidak mampu mempertahankan khawatir klusternya turun ke madya atau bahkan lebih rendah dari itu," katanya.

    "Namun, jika bisa meningkatkan jumlah pengusul dan peluang mendapatkan hibahnya semakin tinggi maka semakin meningkat clusternya menjadi Klaster mandiri (Klaster tertinggi). Kami juga berharap banyak dosen yang mengajukan proposal," tutupnya.

    Berikut adalah daftar lengkap dosen UIKA penerima pendanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2024:

    Prof. Dr. Ir. Hj. Indupurnahayu, M.M., AK., CA., - Skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM).
    Prof. Dr. Hj. Immas Nurhayati, S.E., M.S. M., - Skema Penelitian Pascasarjana - penelitian Tesis Magister (PPS-PTM).
    Dr. Popy Novita Pasaribu, S.TP.,MBSYS., - Skema Penelitian Pascasarjana - penelitian Tesis Magister (PPS-PTM) dan Skema Penelitian Terapan (PT).
    H. Hendri Tanjung, Ph.D. - Skema Penelitian Terapan (PT).
    Dr. Ir. Amir Tengku Ramly, M.Si., - Skema Penelitian Pascasarjana-penelitian Tesis Magister (PPS-PTM). (Humas/Ne2).