UIKA Bogor seleksi calon penerima beasiswa Utusan Daerah Kabupaten Belitung 2023

Info Akademik

    • 138 Lihat

    Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung selenggarakan Seleksi Tes Potensi Akademik  dan psikotes bagi Calon Penerima Beasiswa Putra Daerah  Kabupaten Belitung, yang dilakukan secara hybrid, bertempat di SMKN 1 Tanjungpandan, Kepulauan. Bangka Belitung, pada Kamis (10/08/2023).

    Prof. Dr. H.E. Mujahidin, M.Si., selaku Rektor UIKA Bogor, dalam sambutannya menjelaskan, kerjasama ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang merata di Indonesia.

    "Semoga keinginan para calon mahasiswa untuk bergabung melanjutkan studi ke UIKA Bogor merupakan modal utama dan langkah awal untuk membangun perkembangan khususnya di Kabupaten Bangka Belitung terutama pengembangan SDM, sehingga bisa menjadi SDM yang tidak hanya tangguh dan kompeten, tapi juga memiliki kepribadian islami dan pancasilais", harapnya.

    Adi Zahriadi , S.Si., M.Si., selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V (Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur), mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak UIKA Bogor karena sudah berupaya untuk bekerja sama, agar menjadikan lulusan SMA/SMK/Sederajat di wilayahnya untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.

    "Partisipasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di wilayah kami sebetulnya terhitung masih rendah dan mengkhawatirkan. Hanya sekitar 14% dari seluruh lulusan siswa setiap tahunnya. Sehingga program beasiswa yang UIKA Bogor adakan ini diharapkan bisa meningkatkan angka partisipasi di wilayah kami kedepannya", tambahnya.

    Senada dengan Adi, H. MZ. Hendra Caya, SE., M.Si., selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk UIKA Bogor, karena semakin banyak siswa yang berminat untuk melanjutkan untuk kuliah.

    "Kerjasama kita sudah berlanjut semakin baik dan kedepannya semoga bisa terus berjalan agar semakin bertambah banyak juga mahasiswa yang bisa merasakan belajar di perguruan tinggi".

    "Untuk para peserta seleksi yang ikut hari ini, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, semoga diberikan kemudahan untuk bisa menjadi salah satu dari 30 orang yang akan terpilih nantinya", tambahnya.

    Kegiatan yang diikuti oleh 97 orang peserta tersebut dilanjutkan dengan seleksi tes potensi akademik dengan dipimpin oleh Amrina Husna Salimah, M.Psi. selaku tim psikologi UIKA Bogor, disusul dengan kegiatan seleksi wawancara oleh para pimpinan dari UIKA Bogor.