UIKA selenggarakan Vokasional Berbasis Logam untuk KSM Kabupaten Bogor

Kersajama

    • 4460 Lihat

    Kerjasama- Setelah sukses menyelenggarakan pelatihan Handycraft minggu lalu, UIKA Bogor kini menyelenggarakan kembali pelatihan Vokasional Berbasis Logam.

    Pelatihan ini diikuti oleh KSM-Kelompok Swadaya Masyarakat dari 4 Desa Sentra Produksi Logam di Kec. Citeureup Kab Bogor yang diselenggarakan satu pekan dari tanggal 19  s.d  28 Desember 2019.

    kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama UIKA Bogor dengan Pemerintahan Kabupaten Bogor yang dikelola langsung oleh Bogor intelligence Technopark (bi-tech) UIKA Bogor dengan Business Development Center (BDC) Tegar Beriman Kabupaten Bogor.

    Dalam sambutannya, Gunawan Selaku perwakilan dari BDC, menyampaikan, Pelatihan Vokasional ini merupakan program dari KOTAKU (kota tanpa kumuh) kotaku sendiri merupakan salah satu program PUPR jadi KOTAKU ini merupakan leading sektornya PUPR
    dan turunan KOTAKU ini ada program infraktruktur dan program pemberdayaan dari sisi ekonomi.

    Pelatihan vokasional ini adalah pemeberdayaan dari sisi ekonomi, tukasnya,  di tingkat kabupaten ini disebut dengan BDC  dan harapannya nanti produk logam  yang dihasilkan dari pelatihan vokasional ini bisa jadi produk unggulannya kabupaten bogor. 

    Ia menambahkan, program ini bisa terselenggara berkat adanya kerja sama PUPR dengan program turunanya berupa  KOTAKU  yang diselenggarakana oleh BDC, "dimana program KOTAKU ini ada komitenya ( yang mengurusi) dan salah satu komitenya ada dari unsur dinas KUKM, unsur dinas DPRD, BAPEDDA Litbang, Dinas DPKPP, kelompok peduli dan BKM".

    Gunawan, menambahkan,  untuk memudahkan pelatihan dan mentoring, diharap seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini kedepannya harus masuk kedalam database UMKM yang nantinya tidak boleh sendiri-sendiri, semua yang ada disini harus berkelompok yang diidetifikasi dalam KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat).  

    Pelatihan ini menurutnya, bukan hanya sebagai ajang  ceremoni saja, melainkan kedepan akan ada pembinaan dan kontrol dari   mentor-mentor terbaik UIKA Bogor yang  akan datang langsung 
    Ke lokasi usaha peserta, hasil mentoring sendiri nanti akan langsung di evaluasi, sehingga kedepan hasil dari kerjasama ini akan sangat dirasakan bermanfaat bagi seluruh peserta. pungkasnya. 

    Sementara itu Yudi Taufik perwakilan dinas Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) Kabupaten Bogor, menyampaikan ucapkan terimakasih kepada UIKA BOGOR yang telah menfasilitasi teman teman dari UKM karena dengan adanya pelatihan vokasi ini teman-teman dari UKM diharapkan dapat menambah ilmu dan insyaallah sampai kepada memasarkan produknya.