thumb
  • MJ
  • 0 Komentar
  • 787 Melihat
  • 0 Suka

Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menerima kedatangan delegasi dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) hari ini, Jumat, 23 September 2022 di Aula Gedung Prof. Dr. H. Abdullah Siddik.

Adapun tujuan dari kedatangan UKM ialah untuk menjalin silaturahmi atas kerja sama yang sudah dilakukan sejak tahun lalu, sebagaimana yang disampaikan oleh perwakilan delegasi UKM Prof. Dato’ Dr. Muhammad bin Hussin.

Prof. Dr. H. E. Mujahidin, M.Si., selaku Rektor UIKA Bogor memberikan sambutan dan mengucapkan terimakasih sekaligus permintaan maaf karena belum bisa menerima secara langsung  kedatangan delegasi UKM, karena di saat yang bersamaan beliau sedang melakukan lawatan kunjungan kerja  di Turki.

Menurut Rektor, kerja sama bagi UIKA Bogor merupakan suatu kewajiban dan kemestian. Sebagai manusia kita tidak bisa melaksanakan beban yang Allah perintahkan kepada kita tanpa bekerja sama. Oleh karenanya, UIKA sangat senang hati kepada delegasi UKM yang berkenan berkunjung ke UIKA Bogor.

Rektor berharap UIKA Bogor dapat bekerja sama secara intensif dengan UKM, mengingat saat ini UIKA Bogor sudah menjaring beberapa mahasiswa yang akan magang dan termasuk salah satu tujuan magangnya ialah UKM. Total yang sudah terjaring untuk program magang bulan Juli-Agustus 2023 nanti ialah sebanyak 111 mahasiswa.

Selain magang, banyak jenis kerja sama lain yang diharapkan oleh Rektor, seperti program penelitian secara bersama, pengabdian kepada masyarakat, international conference, dan lain sebagainya. Agar kerja sama ini nantinya membuahkan hasil yang bermanfaat baik bagi pegembangan sumber daya manusia umumnya serta bagi dakwah islam khususnya.

Prof. Dato’ Dr. Muhammad bin Hussin selaku Direktur Pusat Pembinaan Lanjutan dan Pendidikan Profesi UKM, dalam sambutannya juga mengucapkan banyak terimakasih atas sambutan UIKA Bogor kepada delegasi UKM. Beliau yakin UIKA Bogor dan UKM akan sama-sama bersanding dengan kampus-kampus terkenal lainnya di seluruh dunia.

Terkait kerja sama yang dipaparkan oleh Rektor UIKA Bogor, Dato’ pun memiliki pandangan yang sama. Sebab setiap kampus pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing sehingga dengan adanya kerja sama maka akan saling melengkapi dan saling memanfaatkan satu sama lain.

UKM sendiri memiliki Fakultas Pengajian dan Institut Islam Hadhari yang di dalamnya terdapat bidang ekonomi islam, dimana nantinya bidang-bidang tersebut lah yang akan memiliki kesempatan kerja sama yang dapat dirintis dengan UIKA Bogor. Namun menurut Dato’, tidak menutup kemungkinan kerja sama di luar bidang islami pun dapat dirintis di masa mendatang, sebab UKM memiliki 13 fakultas lainnya.

Pada kesempatan yang sama, ditandatangani pula MoU (Memorandum of Understanding) / MoA (Memorandum of Agreement) antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIKA Bogor dengan Fakulti Ekonomi dan Pengurusan (FEP) UKM yang masing-masing diwakili oleh Hj. Titing Suharti, S.E., M.M. selaku Dekan FEB UIKA Bogor dengan Prof. Dr. Aini binti Aman selaku Dekan FEP UKM.


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor