Wakil Rektor III Sampaikan Ini! Didepan Ribuan jamaah Tabligh Akbar Kemerdekaan

Info Kampus

    • 751 Lihat

    Ribuan umat Islam dari berbagai kalangan berkumpul di Masjid Ibn Khaldun Bogor dalam rangka Tabligh Akbar Kemerdekaan yang digelar pada Minggu (11/8/2024).

    Acara yang mengangkat tema: “Dengan Kemuliaan Al-Quran, Raih Kemerdekaan Hakiki Indonesia dan Palestina” itu diselenggarakan oleh Majelis Ukhuwah Bogor Raya dan Badan Kerjasama Pondok Pesantren Indonesia (BKsPPI) Pusat.

    Dr. Hambari, MA. dalam sambutan mewakili Rektor UIKA menyampaikan bahwa, "Universitas Ibn Khaldun yang didirikan oleh para tokoh Pejuang dan Ulama selalu berperan memperjuangkan kepentingan umat. Dalam kiprahnya UIKA konsen di bidang pendidikan khususnya Pendidikan Tinggi. Dengan mewujudkan Pendidikan yang berkualitas dan unggul dengan basis keislaman yang kuat. Melahirkan para lulusan yang memiliki keilmuan dan adab yang mumpuni yang nantinyaakan berkiprah di masyarakat dalam berbagai sektor kehidupan". Ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Dakwah UIKA Bogor.

    Tabligh Akbar Kemerdekaan tersebut dihadiri ribuan jamaah dari berbagai komunitas di Bogor khususnya dari majelis taklim dan lembaga keislaman lainnya.

    Ketua Umum BKsPPI yang juga Ketua Senat UIKA Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin dalam tausiyahnya menyampaikan "Pentingnya umat islam menjaga ukhwah islamiyah dan melaksanakan amar maruf dan nahi munkar". 

    Beliau menegaskan bahwa jika umat islam mampu menjaga dan menguatkan ukhwah islamiyah maka masalah dan tantangan apa pun akan bisa dihadapi dan diselesaikan. 

    Selain itu, Ketua DKM Masjid Ibn Khaldun UIKA Bogor Dr. H. Dedi Supriadi, M.Si. mengungkapkan rasa syukur dengan diadakannya acara yang dihadiri oleh ribuan jamaah yang memenuhi ruang utama masjid. Beliau berharap akan semakin banyak acara-acara yang bermanfaat diadakan di Masjid Ibn Khaldun. Sehingga Masjid akan menjadi pusat kemajuan dan peradaban islam.  

    "Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya kegiatan tabligh akbar ini, semoga dapat menjadi wasilah masjid sebagai pusat kemajuan peradaban islam". katanya 

    Acara ini, selain dihadiri oleh jamaah dari berbagai Masjid dan Majlis Taklim, juga turut dihadiri oleh para tokoh dan ulama, diantaranya Ketua MUI Kota Bogor KH. TB Muhyiddin, Pimpinan Tazkia Prof. Dr. H. Muhammad Syafi'i Antonio, MUI Pusat KH. Dr (HC) Muhyiddin Junaidi, Pimpinan Al-Ihya KH. Chairul Saleh, Habib Ahmad Al-Munawwar, Dr. H. Akhmad Alim, Lc, MA., Ust Wardhani dan lain-lain.

    Tak hanya itu pada kesempatan tersebut pula, diresmikan Komunitas Sahabat Masjid (SAJID) yang menghimpun para pengurus DKM di Bogor Raya dengan Ketua Koordinator Ustadz Syaripuddin Kasim Sardi.

    Syaripudin menjelaskan, komunitas Sahabat Masjid diawali adanya perkumpulan para pengurus masjid dalam satu kajian bersama KH Didin Hafidhuddin.

    “Para pengurus masjid besar berkumpul, ada sahabat masjid Al Hijri, ada sahabat masjid Andalusia dan lainnya. Dari para pengurus dan jamaah dari berbagai masjid inilah kita coba satukan dengan sebuah komunitas bersama Sahabat Masjid, Jadi kita bersatu demi gerakan Ukhuwah Islamiyah, dan anggota Sahabat Masjid wajib memakmurkan masjid di wilayahnya masing-masing, kita wajib hadir di manapun masjidnya,” Pungkasnya. (Humas/Amd)