Deskripsi Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu jurusan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Perguruan Tinggi Agama Islam di seluruh Indonesia, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah disiapkan untuk mendidik calon guru pada tingkat dasar (MI/SD).
Struktur Program Studi
Ketua Program Studi : Muhammad Fahri, S.S., M.Pd.I.
Sekretaris Program Studi : Khaidir Fadil, S.Pd.I., M.Pd.
Visi
Menyelenggarakan Program Pembelajaran Berbasis Keislaman dan Teknologi dalam Menghasilkan Guru Kelas bidang Pendidikan Dasar yang Berdaya Saing Global.
Tujuan
Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi guru kelas yang Profesional dan Islami dengan penguatan 5 (lima) mata pelajaran inti (IPA, IPS, PKn, Matematika, Bahasa Indonesia);
Menghasilkan karya ilmiah di bidang pendidikan dasar Islam sesuai dengan roadmap penelitian dan pengabdian program studi;
Berkontribusi secara aktif dalam pengabdian masyarakat melalui pembelajaran dan pengembangan produk di bidang pendidikan dasar Islam;
Mewujudkan kerjasama dengan berbagai instansi dalam meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan program studi;
Menghasilkan sivitas akademika di lingkungan program studi yang berakhlak karimah, memiliki kemampuan literasi teknologi yang baik dan berdaya saing global.
Strategi Program Studi PGMI
Menyelenggarakan program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan dasar Islam dengan adaptasi teknologi;
Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan publikasi dosen dan atau berkolaborasi dengan mahasiswa;
Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat melalui program pembelajaran, program KKN, Program PPK dan MBKM;
Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dan instansi dalam upaya peningkatan kualitas mahasiswa dan dosen, adaptasi teknologi serta daya saing global;
Mendukung dosen dan mahasiswa dalam implementasi MBKM baik secara internal maupun eksternal;
Mengadakan kegiatan-kegiatan strategis dalam meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen yang berdaya saing global di lingkungan program studi;
Menyediakan sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran yang baik dan memadai.
Akreditasi
Terakreditasi B oleh BAN-PT (Nomor: 11952/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/X/2021)
Prospek Lulusan
Profesional pada bidang pendidikan dasar Islam, konsultan pendidikan umum/Islam, baik dilembaga pemerintahan maupun swasta, dll.