Peluncuran Buku Ibn Khaldun Jadi Kado Istimewa Milad Ke-63 UIKA Bogor

Info Kampus

    • 426 Lihat

    Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar pembinaan dosen bertajuk "Peneguhan Nilai-Nilai Ke-Ibn Khaldunan Menuju UIKA Unggul" di Auditorium Prof. Abdullah Sidiq, Gedung Fakultas Hukum UIKA Bogor, pada Senin (8/7/2024).

    Kegiatan ini merupakan rangkaian Milad ke-63 UIKA Bogor yang dihadiri oleh Rektor UIKA, Ketua YPIKA, Ketua Senat UIKA, Direktur Sekolah Pascasarjana, Wakil Rektor, Kepala-kepala Lembaga, Dekan, Kaprodi, Sekprodi, dan para dosen UIKA Bogor.

    Ketua Panitia sekaligus Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Inovasi, dan Pengembangan, Dr. Budi Susetyo, I.r., M.Sc, dalam sambutannya menyampaikan seluruh rangkaian kegiatan Milad ke-63 UIKA Bogor, mulai dari yang sudah terlaksana hingga yang terjadwal.

    Dr. Budi berharap sebanyak 33 rangkaian kegiatan Milad ke-63 UIKA Bogor dapat berjalan lancar dan tuntas berkat dukungan dan partisipasi civitas academica UIKA.

    “Semoga seluruh kegiatan yang sudah direncanakan dapat berjalan sesuai dengan harapan kita semua,” ujarnya.

    Sebelum rangkaian pemaparan materi, UIKA Bogor juga meluncurkan sebuah buku berjudul "Ibn Khaldun: Mengenal Lebih Dekat Ulama Intelek yang Multitalenta Sebagai Sumber Inspirasi Universitas Ibn Khaldun Bogor".

    Buku ini mengupas tuntas tentang sosok Ibn Khaldun, seorang sosiolog Muslim terkemuka dunia. Buku ini juga membahas ide, gagasan, pemikiran, teori, dan konsep Ibn Khaldun, termasuk nama, tujuan, sumber, asumsi atau teori yang mendasarinya, metodologi dan pendekatan, prosedur, manfaat, pengaruh, dan aspek-aspek lainnya mengenai sosoknya.

    Selanjutnya, Ketua Senat Akademik UIKA Bogor, Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, M.S., menyampaikan materi terkait "Siraman Kearifan Nilai-Nilai Keislaman: Ilmu sebagai Akar Peradaban".

    Sementara itu, Rektor UIKA Bogor, Prof. Dr. H. E. Mujahidin, M.Si., menyampaikan materi terkait meneguhkan integritas dosen menuju UIKA Unggul.

    Ketua Pengurus YPIKA Bogor, Dr. H. Didi Hilman, S.H., M.H., M.Pd.I., memaparkan materi terkait meneladani tokoh-tokoh pendiri UIKA Bogor, termasuk nilai-nilai unggul yang telah diwarisi oleh para pendiri dan pejuang UIKA Bogor.

    Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama para dosen dan pimpinan UIKA Bogor. (Humas/Ne2)