thumb
  • MJ
  • 0 Komentar
  • 262 Melihat
  • 0 Suka

Memperingati Hari Pahlawan ke-77 yang jatuh pada 10 November 2022 ini, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor selenggarakan upacara peringatan di Lapangan Utama Parkir Gedung Rektorat Kampus UIKA Bogor, Kamis (10/11/2022). 

Rektor UIKA Bogor, Prof. Dr. H. Endin Mujahidin, M.Si., dalam amanatnya menyampaikan kegiatan upacara ini adalah untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa dan raganya untuk kepentingan NKRI. Kita patut mengambil suri tauladan dari para pahlawan, bahwa setiap upaya untuk melakukan kebaikan pasti membutuhkan perjuangan. Itulah yang dipesankan oleh Rasulullah SAW dalam salah satu hadistnya, yang memiliki arti berjuang itu pasti akan manusia lakukan sampai hari kiamat. Para pahlawan baru juga pasti akan terus muncul hingga hari akhir.

Rektor menjelaskan di tahun ini umat Islam khususnya di daerah Jawa Barat harus berbahagia. Karena salah satu tokoh dari ulama Jawa Barat yakni K.H. Ahmad Sanusi telah ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional. Beliau merupakan kakek dari Ketua YPIKA saat ini, Dr. H. Didi Hilman., S.H., M.H. Kita patut meneladani K.H. Ahmad Sanusi, karena pada kenyataannya beliau merupakan tokoh pemersatu yang menjadi salah satu penggagas Pancasila ketika saat itu terdapat kelompok yang menghendaki negara Indonesia didirikan atas dasar sekularisme dan ada kelompok lain yang menginginkan didirikan atas dasar agama Islam. K.H. Ahmad Sanusi lalu mengajukan jalan tengah, yakni negara harus didasarkan pada Pancasila yang sumbernya berasal dari Piagam Jakarta.

Rektor juga berpesan bahwa kita harus menjadi pahlawan di kehidupan kita saat ini, dalam skala kecil sampai skala besar. Ketika mahasiswa hidup dalam sebuah keluarga, jadilah pahlawan dalam keluarga tersebut, orang tua akan bangga dan bahagia memiliki kita sebagai keluarga. Ketika mahasiswa menjadi bagian dari salah satu komunitas di kampus, maka jadilah pahlawan pada komunitas tersebut. Di tingkat prodi, fakultas dan universitas, jadilah mahasiswa pahlawan yang mengharumkan nama kampus dengan menorehkan berbagai macam prestasi. Saat bekerja pun, jadilah pahlawan ditempat kerja. Tunjukkan pada orang lain bahwa kita adalah pahlawan, kita bisa jadi pahlawan untuk setiap komunitas dan lembaga yang kita masuk di dalamnya. Itu merupakan salah satu misi dan pelajaran yang harus kita petik dari upacara peringatan Hari Pahlawan ini. Isi lah pembangunan di negara Indonesia dengan konstribusi kita sebagai mahasiswa, supaya apa yang pahlawan-pahlawan kita perjuangkan tidak sia-sia.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 hingga 09.00 ini berlangsung dengan khidmat dan dihadiri oleh pimpinan dari tingkat yayasan, rektorat, senat, hingga dekanat serta para mahasiswa penerima beasiswa, mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka, serta dihadiri juga oleh para aktivis dari berbagai unit kegiatan kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan di lingkungan UIKA Bogor. (Humas/Jco)

 


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor