Pernyataan Sikap Civitas Akademika UIKA Bogor Atas Nama Kemanusiaan Hentikan Perang Israel-Palestina

Pengumuman

    • 209 Lihat

    PERNYATAAN SIKAP

    CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

    ATAS NAMA KEMANUSIAAN HENTIKAN PERANG ISRAEL-PALESTINA

     

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Menanggapi terjadinya eskalasi konflik dan kekerasan yang di akibat peperangan antara Palestina dan Israel yang semakin memanas dan telah menewaskan ribuan korban jiwa serta belasan ribu warga sipil terluka serta berbagai dampak kerusakan yang ditimbulkan, Civitas Akademika Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menyampaikan pernyataan sebagai berikut:

    1. Duka Cita dan keprihatinan yang mendalam atas terjadinya eskalasi konflik yang semakin memanas  antara Israel dan Palestina yang berdampak pada ribuan warga sipil meninggal dunia dan luka-luka.  
    2. Menyerukan komunitas internasional, terutama Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), untuk segera mengambil tindakan cepat dan langkah nyata menghentikan serangan dan tindakan kekerasan di kawasan Jalur Gaza, serta menyelesaikan akar konflik terhadap pendudukan wilayah Palestina oleh Israel.
    3. Mendesak Israel untuk membuka blokade  pasokan bantuan kemanusiaan, obat-obatan dan bahan pangan, pasokan air minum, listrik untuk warga palestina di jalur Gaza.
    4. Mengutuk keras terjadinya serangan rudal ke Rumah Sakit (RS) Baptis Al-Ahli di Gaza, hal ini jelas telah melanggar hukum humaniter internasional dan merupakan kejahatan serta tindakan dehumanisasi yang mengakibatkan 500 orang tewas, termasuk anak-anak.
    5. Mendukung upaya pemerintah Indonesia dan dunia internasional untuk mengerahkan bantuan moral dan kemanusiaan demi meringankan penderitaan masyarakat sipil di Gaza, mempercepat tercapainya proses negosiasi antara Israel dan Palestina, mewujudkan kemerdekaan seutuhnya bagi Palestina.
    6. Menyerukan kepada Civitas Akademika UIKA, Umat Islam maupun Masyarakat Indonesia untuk terus mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina dan bersedia mengirimkan bantuan yang dibutuhkan untuk meringankan penderitaan warga sipil korban peperangan terutama perempuan dan anak-anak. UIKA siap berkoordinasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak yang dapat dipercaya dalam rangka mewujudkan perdamaian dan keadilan bagi seluruh umat manusia.

    Demikian pernyataan sikap ini dibuat dan disebarluaskan sebagai penegasan sikap. Semoga Allah SWT meridhoi semua ikhtiar kita dalam rangka  perdamaian dan kesejahteraan untuk seluruh manusia.

    Hasbunallah wa ni'mal wakil ni'mal Maula wa ni'man nashir.  Wallahul muwafiq ila aqwamithariq.

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

     

    Bogor, 19 Oktober 2023

    Rektor,

    Prof. Dr. H.E. Mujahidin, MSi.