PGMI UIKA Sukses Gelar Seminar Nasional "Annual Conference on Madrasah Studies (ACMaS)" 2024

Info Fakultas

    • 110 Lihat

    Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Ibn Khaldun ( UIKA) Bogor sukses selenggarakan Seminar Nasional, "Annual Conference on Madrasah Studies (ACMaS)" 2024, Sabtu (20/07/2024)

    Diselenggarakan di Gedung Auditorium Prof. Abdullah Siddiq, agenda tersebut turut menghadirkan  5 Pemateri diantaranya, Prof. Dr. Hj. Maemunah Sa'diyah, M.Ag., Dr. Andi Prastowo, M.Pd., Dr. M. Afandi, M.H., M.Pd., Alif Anggara,M.Sn., dan Dr. Anggy Giri Prawiyogi, M.Pd., M.Sn.

    Prof. Dr. Hj. Maemunah Sa'diyah, M.Ag. yang juga Wakil Rektor bidang Akademik UIKA Bogor berkesempatan menyampaikan konsep Pendidikan Islam Dalam Bingkai Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dalam pemaparannya ia menyoroti beberapa hal terkait penyesuain dalam penerapan kurikulum merdeka belajar diantaranya adalah peran pendidik atau guru  dalam menggali potensi peserta didik. 

    Menurutnya ini perlu dilakukan untuk mencapai keunggulan dan kualitas peserta didik nantinya,  hal ini sejalan dengan tujuan dari merdeka belajar itu sendiri yaitu menggali Potensi terbesar guru dan murid serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri. ia menekankan bahwa pendidikan harus berlandaskan ajaran agama dan berfokus pada pengembangan potensi peserta didik yang meliputi potensi fisik, intelektual, sosial-emosional, spiritual, daya juang, dan seni.

    Sementara itu Dr. Anggy Giri Prawiyogi dalam kesempatannya menekankan pentingnya pengajaran yang relevan dengan zaman dan generasinya, yang ia sebut sebagai "ngindung ka waktu mibapa ka jaman". 

    Lebih Lanjut Dr. Anggy, menyoroti pentingnya transformasi pendidikan di era Revolusi Industri 4.0, di mana kemampuan adaptasi, inovasi, dan perubahan paradigma pendidikan menjadi kunci keberhasilan. 

    ia  mengemukakan bahwa dunia saat ini telah berkembang menjadi sistem lingkungan yang kompleks, dan pendidikan harus mengikuti perkembangan tersebut dengan berfokus pada pembelajaran yang holistik dan relevan dengan kebutuhan zaman.

    Dalam kesempatan yang sama Dr. H. Didi Hilman, S.H., M.H., M.Pd.I. selaku ketua Yayasan Pendidikan mengapresiasi terselenggaranya Seminar Nasional , "Annual Conference on Madrasah Studies (ACMaS)" 2024, ia menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan ini.

    Didi berharap kegiatan ini dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka milad UIKA.dan dari kegiatan ini dapat melahirkan karya seni baik dalam bentuk musik maupun audio visual yang relevan untuk kebutuhan pendidikan anak, terutama anak usia dini. Diakhir kegiatan ia pun berkesempatan menyumbangkan satu tembang lagu sunda bersama salah satu narasumber yang tampil yang disaksikan oleh  300 peserta seminar yang hadir baik secara online maupun offline. (Humas/Yga)