UIKA Bogor lantik 495 Wisudawan Ahli Madya hingga Doktor pada wisuda ke-76

Info Kampus

    • 404 Lihat

    (UIKA/14/07/23) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor selenggarakan wisuda ke-76, di Gedung Puri Begawan, Kota Bogor dengan meluluskan 495 wisudawan, terdiri dari ahli madya, sarjana, magister dan doktor, pada Rabu, 12/07/2023.

    Rektor UIKA Bogor, Prof. Dr. Endin Mujahidin mengatakan seluruh wisudawan sudah memenuhi syarat administratif untuk memperoleh gelar sesuai jenjangnya masing-masing. Dirinya berharap gelar tersebut dapat mendatangkan kebaikan bagi wisudawan, keluarganya, agama dan bangsa.

    Dalam kesempatan tersebut rektor berpesan kepada para wisudawan untuk senantiasa bersyukur kepada tuhan dan orang tua. Selain itu, dirinya meminta agar para wisudawan senantiasa menjaga maruah UIKA Bogor. “Saya berharap, para wisudawan senantiasa berbuat baik di dunia kerja, apapun profesinya. Bekerjalah dengan baik. Karena itu akan dibalas oleh Allah. Kemudian, teruslah memperbaiki diri dengan bertaubat karena itu bisa memudahkan segala urusan,” ucapnya.

    Dirinya menekankan agar para wisudawan tetap berada di jalur bersama orang-orang muslim, membela orang muslim, dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari orang muslim. Lantaran, hal itu dianggap bisa memberikan kebahagiaan di dunia dan berbuah surga di akhirat.

    Selain itu Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., mengapresiasi pencapaian yang berhasil ditorehkan UIKA Bogor tersebut. 

    Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., menyebut dalam catatannya 100 persen wisudawan UIKA Bogor telah dapat penomoran ijazah secara nasional dan terakreditasi. 

    “Kami sangat mengapresiasi berbagai capaian kinerja itu, terutama konsistensi UIKA Bogor memberikan beasiswa ke hafiz sebagai upaya membangun peradaban yang luar biasa,” terangnya.

    Dia berpesan kepada para wisudawan untuk senantiasa belajar dan meningkatkan kreativitas saat memasuki jenjang dunia kerja, karena dinamika persaingan semakin ketat nantinya. 

    “Tidak ada kesuksesan dengan kerja keras dengan begitu mereka bisa mendapat hasil yang lebih. Kemudian janganlah berjalan tanpa akhlak mulia, jadilah pribadi yang santun dan terbuka dengan masukan orang lain,” ungkapnya.

    Pada tahun 2023, UIKA Bogor mendapatkan sejumlah penghargaan dari berbagai lembaga dan instansi.

    Dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, UIKA mendapat penghargaan gold winner pengelola beasiswa KIP terbaik dan penghargaan bronze winner untuk kinerja penelitian terbaik. 

    Dari Kopertais Wilayah II Jabar UIKA Bogor mendapat peringkat 1 kategori jurnal terbaik, dosen terbaik, mahasiswa terbanyak dan peringkat 2 kategori akreditasi prodi tingkat Jabar. 

    Di samping itu UIKA Bogor juga mendapat 12 Hibah dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di antaranya hibah program kompetisi Kampus Merdeka, penelitian BIMA, hibah pengabdian kepada masyarakat dan Hibah program kreativitas mahasiswa. 

    “Prestasi mahasiswa tahun ini semakin membanggakan. Ada 24 mahasiswa berprestasi di tingkat internasional dan 98 mahasiswa berprestasi di tingkat nasional. UIKA Bogor juga terbukti dengan banyaknya pendaftar di tahun ini yang mencapai 2.314 orang,” 

    Pada kegiatan wisuda ini juga, disampaikan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Hasbi Indra, M.Ag.  menyampaikan tema: “Sejarah Pendidikan Islam, Dinamika dan Integrasi Keilmuan”

    Prof. Hasbi Indra, M.Ag., merupakan Guru Besar terbaru ke 11 yang dimiliki UIKA, beliau diangkat berdasarkan SK Mendikbud Ristek per tanggal 12 April 2023, Nomor:23899/M/07/2023, pada bidang ilmu Sejarah Pendidikan Islam. Pungkasnya. (HUMAS/Amd).