thumb
  • AL
  • 0 Komentar
  • 440 Melihat
  • 0 Suka

UKM Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Insan Madani, sebagai salah satu organisasi intra kemahasiswaan di Kampus Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor sukses menyelenggarakan Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) 2022 yang digelar di Villa lembah Kawaluyaan, Ciampea, Kabupaten Bogor pada Sabtu-minggu (8-9/10/2022).

DIKSARKOP yang mengusung tema “Meningkatkan Semangat Berorganisasi Bagi Anggota Koperasi Muda yang Berjiwa Entrepreneur”  ini diikuti oleh Anggota baru UKM Kopma sebanyak 15 peserta, 17 panitia serta 5 orang narasumber. Adapun pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut yaitu Syamsul Bahri Harahap S.E. dan Ahmad Ramdani dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Firmansyah, M.Pd., Motivator dan Wirausahawan, Kurniawan Nurul Ghani, Demisioner Kopma Insan Madani, dan Muhammad Yusron, Ketua Umum Kopma Insan Madani 2022 - 2023.

Dalam pelaksanaannya, peserta DIKSARKOP diberikan sejumlah materi pengetahuan dasar yang wajib diketahui oleh Anggota Muda KOPMA Insani. Pada hari pertama materi yang disampaikan meliputi materi Jati Diri Koperasi di Indonesia oleh Syamsul Bahri Harahap S.E., Transformasi Koperasi di Era Digital oleh Ahmad Ramdani, Kewirausahaan oleh Firmansyah, M., Pd. dan Kepemimpinan dalam organisasi oleh Kurniawan Nurul Ghani. Sementara pada hari kedua materi yang diberikan adalah Teknik Persidangan oleh Muhammad Yusron.

Selain rangkaian materi, DIKSARKOP juga diisi dengan serangkaian acara menarik dan bermanfaat lainnya di antaranya games bersama panitia, tilawah bersama, makan bersama, api unggun bersama, makrab, senam pagi dan outbond yang diakhiri sesi bertukar kado antar peserta dan panitia.

Ketua Pelaksana, Muchammad Yusuf (FAI/Smt V) menjelaskan DIKSARKOP  pada  dasarnya  merupakan  kegiatan  awal  bagi  calon  pengurus KOPMA INSANI UIKA Bogor, diharapkan melalui kegiatan ini akan lahir insan – insan koperasi yang berkualitas, mampu mentransformasikan dirinya dalam gerakan koperasi secara total, dan memiliki ideologi yang mendasar yang kelak akan menjadi kekuatan  dalam menjalankan perannya sebagai aktivis koperasi. 

Melalui kegiatan DIKSARKOP ini semoga akan lahir kader koperasi yang akan membawa gerakan koperasi di UIKA Bogor menjadi lebih baik lagi yang senantiasa membawa kebermanfaatan untuk masyarakat. (Humas/Al)


Bagikan:

Humas UIKA

Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.2 Kd. Badak Bogor