Jurusan Teknologi Pendidikan adalah jurusan yang mempelajari tentang pengembangan kurikulum pendidikan dan pemanfaatan teknologi bagi dunia pendidikan. Jurusan ini mempelajari tentang kurikulum dan bagaimana mengembangkan media belajar berbasis teknologi yang cocok bagi pendidikan di Indonesia.
Selain itu, mahasiswa juga dipersiapkan agar lancar dan mahir dalam menggunakan teknologi dan komunikasi untuk dunia pendidikan dan proses belajar mengajar. Penggunaan teknologi yang tepat, berperan dalam proses belajar mengajar yang jadi lebih lancar dan efisien. Karena hal itu, teknologi pendidikan sangat berperan terhadap pengembangan kurikulum. Menggunakan teknologi dalam pengembangan kurikulum akan membuat kurikulum menjadi lebih relevan bagi para peserta didik untuk untuk meraih hasil belajar yang lebih maksimal.
Struktur Program Studi
Ketua Program Studi : Umi Fatonah, S.Pd., M.Pd
Sekretaris Program Studi : Hj. Maimunah, M.Pd.
Kepala Lab. Program Studi : Dr. Kurniati, M.Si
Kepala Lab. Komputer : Afif Ahmad Wiranata, M.Pd.
Visi
Menyelenggarakan Program Pembelajaran berbasis keislaman dalam Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang Mampu Mengembangkan dan Mengelola Sistem Pembelajaran Sesuai dengan Perkembangan IPTEK
Misi
Menyelenggarakan program pembelajaran di bidang perancanganan, pengembangan, pengelolaan, penilaian proses, media dan sumber belajar
Menyelenggarakan penelitian di bidang perancangan, pengembangan pengelolaan, penilaian proses, media dan sumber belajar yang dipublikasikan dalam jurnal nasional maupun internasional.
Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan kegiatan pembangunan sumber daya manusia dalam berbagai bentuk dan konteks lingkungan belajar yang beragam, dan dipublikasikan dalam jurnal nasional maupun internasional
Menjalin kemitraan dengan lembaga terkait sebagai peran serta program studi untuk mewujudkan program merdeka belajar kampus merdeka dalam bentuk kegiatan pembelajaran pertukaran pelajar, KKN tematik, asistensi mengajar, serta magang.
Tujuan
Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bidang perancangan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian proses, media dan sumber belajar di lembaga pendidikan maupun pelatihan.
Menghasilkan karya ilmiah dibidang Teknologi Pendidikan yang meliputi kegiatan perancangan, pengembangan pengelolaan, penilaian proses, media dan sumber belajar yang dipublikasikan dalam jurnal nasional maupun internasional.
Berkontribusi secara aktif dalam pengabdian masyarakat melalui pengembangan produk dibidang Teknologi Pendidikan.
Mewujudkan kerjasama dengan berbagai instansi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di prodi teknologi pendidikan.
Menghasilkan civitas akademika di lingkungan program studi yang berakhlakkul karimah, berilmu dan beramaliah.
Menjadi Pengembang teknologi pembelajaran, Menjadi Pengembang teknologi kinerja, Menjadi Pendidik dan pengembang multimedia, Menjadi Pengembang kurikulum pembelajaran.